Sticky Sidebar



○ ■ ¤¤¤¤¤ AGEtv

AlLiwa dan Arrayah dalam Sejarah Islam

AlLiwa dan Arrayah dalam Sejarah Islam
Rasulullah saw . Qs. al-Ahzab [33]:2  adalah teladan yang baik bagi umat Islam. Apa saja yang dicontohkan Rasulullah saw wajib di ikuti oleh umat Islam. Sebaliknya umat islam haram menyelesihinya. Benderaaaa ( al 'alam) termasuk perkara yang di contohkan Rasulullah saw, juga Khulafaur Rasyidin sesudah beliau.




Bendera Rasulullah ada dua macam yaitu Al-liwa (bendera putih) dan Ar-Rayah (Bnedera hitam) bertuliskan: Laa ilaaha illa Allah Muhammadurasulullah. Menurut sebagain "ulama seperti iamam abu atsir dalam kitabnya AN-Nihayah fi Gharib al-Hadist, juga imam Ibnu Hajar dalam FathulBari, Alliwa dan Ar-Rayahadalah sinonim (sama). Namun pendapat yang rajih (lebih kuat) sebagaimana yang ditegaskan oleh Imam Arrabi, al-Liwa bendr adengan ar-Rayah. Dalilnya hadist dari Ibnu Abas ra. yang mengatakan, "Rayah Rasulullah saw berwarna hitam, sedangkan liwa-Nya berwarna putih." (HR. at-Tarmidzi dan Ahmad).

Imam ibn Arrabi berkata, "Aliwa bendera dengan ar-Rayah. Al-Liw' diikatkan di ujung tombak dan melingkarinya. Ar-Rayah diikatkan pada tombak dan dibiarkan hingga dikibarkan oleh angin." (Abdul Hayyi al-Kattani, Nizham al Hukumah an Nabawiyyah (At-Taratib Al-Idariyyah. 1/263).

Makna Bnedera/Panji Rasulullah SAW.



--------------------------------------------
 NB: Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa menyeru kepada hidayah (jalan petunjuk dan kebaikan), maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikuti (atau mengerjakan)nya tanpa mengurangi
pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan, maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikuti (mengerjakan)nya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.”. (HR. Muslim no. 6750). 

 Jika Anda ingin mendapatkan pahala investasi (yakni pahala yang hasilnya terus megalir meski anda sudah meninggal-karna disebabkan anda menyampaikan sesuatu dari islam dan ada orang yang iktu mengamalkannya pula, maka Anda akan mendapatkan pahala  sama tidak kurang atau lebih seperti orang yang mengamalkannya dan terus mengalir meski anda telah mati. Mau?), Maka jangan ragu sampaikan lagi informasi dan kabar gembira SUPER DAHSYAT ini kepada yang lainnya!


SHARE info ini. Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893) Dengan cara klik tombol sosial media di bawah ini:


BACA JUGA:

Komentar

Popular Posts

Memahami Makna laa ilaha Illa Allah Wajib

Bersatu di bawah Bendera Islam Wajib Bagi kaum Muslimin

Wajibnya Memahami Hakikat Dua Kalimat Syahadat